Mengenal Lebih Dalam Tentang Pendidikan Seksual
ZONA RPM

Mengenal Lebih Dalam Tentang Pendidikan Seksual

Pengertian Pendidikan Seksual

Pendidikan Seksual atau bisa disebut edukasi seks adalah kegiatan untuk mempelajari kesehatan reproduksi. Tujuan artikel ini adalah untuk menyadarkan betapa pentingnya kesehatan reproduksi sehingga tindakan pelecehan seksual maupun penyakit menular dapat dihindari dan dicegah.

Tujuan Pendidikan Seksual

Artikel pendidikan seksual ini ditujukan untuk mengajarkan mengenai organ kesehatan reproduksi, jenis penyakit menular seksual dan HIV/AIDS, kehamilan, dan alat kontrasepsi yang dapat digunakan.

Pendidikan seksual ini juga dapat mencegah berbagai macam resiko seperti misalnya, tindakan kekerasan seksual, pemerkosaan, seks di luar nikah dan juga pernikahan di usia dini.

Selain itu, mengurangi dampak buruk dari penyerapan informasi yang tidak aman dan juga tidak akurat yang tersebar di seluruh internet. Karena banyak yang salah mengartikan tentang seksual itu sendiri, maka dari itu dibutuhkannya Pendidikan seksual.

Pendidikan seksual dapat dimulai sejak dini, atau ketika anak laki-laki mulai mengalami mimpi basah dan ketika anak perempuan mengalami menstruasi. Tujuan-tujuan tersebut diantara lain:

  1. Mempelajari organ reproduksi
  2. Menghindari penyerapan informasi yang tidak aman dan juga tidak akurat
  3. Berusaha untuk mencegah perilaku seks yang tidak aman
  4. Mencegah adanya bentuk kekerasan seksual dan juga pemerkosaan
  5. Mencegah terjadinya pernikahan di usia muda

Baca juga: 5 Gaya bercinta yang efektif membakar kalori

Pendidikan Seksual di Berbagai Negara

  1. China, Di China masih banyak orang tua yang menganggap bahwa Pendidikan seksual merupakan hal yang masih tabu untuk dibicarakan dengan anak-anak mereka. Oleh sebab itu maka banyak anak-anak di negara itu yang masih belum mendapatkan bimbingan tentang seksual secara benar dan tepat.
  2. India, Di negara ini pendidikan seksual juga masih merupakan hal yang abu-abu. Dikarenakan pelajaran tersebut dianggap bertentangan dengan norma-norma yang sudah berlaku.
  3. Kanada, Lain cerita di Kanada. Negara ini menganggap bahwa pendidikan seksual merupakan salah satu hal yang erat kaitannya dengan bidang kesehatan. Tetapi, masih ada beberapa orang tua yang menentang pendidikan tersebut.
  4. Belanda, Acungkan jempol untuk negara yang satu ini. Kenapa? Karena di Belanda banyak sekali ajaran-ajaran pendidikan seksual yang dijadikan pedoman kesehatan reproduksi. Seperti misalnya pendidikan tentang nilai-nilai seksual, orientasi seks dan homofobia, infeksi penyakit menular, respek terhadap aneka sikap terhadap seksualitas, dan juga ketrampilan untuk mengembangkan seksual secara sehat.
  5. Indonesia, Untuk negara kita yang tercinta ini, sayangnya belum bisa dikatakan mengalami kemajuan. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh kementrian kesehatan tahun 2016. Hanya sekitar dua puluh persen remaja yang berusia empat belas sampai dua puluh tahun yang mengetahui pengetahuan komperhensif seputar HIV yang diterapkan dengan perilaku seksual.

ZONA RPM Pendidikan Seksual

Masih banyak lagi pembahasan tentang Pendidikan seksual yang kami rangkum dan juga siap disajikan kepada para pengunjung situs ini.

Kami akan selalu update perihal seputar pendidikan seksual, agar dijadikan sarana untuk memperoleh suatu hal yang dianggap tabu tapi bisa bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang banyak. Salam sehat